Cara Meningkatkan CTR Google Adsense di Blog Bahasa Indonesia

Cara Meningkatkan CTR Google Adsense di Blog Bahasa Indonesia kali ini admin Tutorial Blogger informasikan untuk anda, dimana CTR (Click through rate) atau RKT (dalam bahasa indonesia) merupakan sebuah istilah di Google AdSense yang menjelaskan jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan jumlah tayang halaman yang dipasangi iklan tersebut dikali 100%. jumlah halaman tayang tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang dipasang pada halaman tersebut, jika didalam satu halaman kita memasang 3 unit iklan adsense, kemudian halaman tersebut tayang sebanyak 1 kali, maka jumlah tayang nya tidak lantas menjadi 3 namun tetap jumlah tayangnya adalah 1 kali, berikut ilustrasi untuk menghitung CTR, jika blog atau situs yang kita miliki memiliki 1000 pageviews dan iklan yang diklik berjumlah 10 klik, maka CTR situs Anda adalah (10/1000*100%)=1%. CTR. semakin tinggi CTR mengindikasikan jumlah klik yang banyak, CTR juga bisa menjadi tolak ukur google adsense untuk mengidentifikasi kecurangan klik,  tugas kita sebagai publisher untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari google adsense adalah mengupayakan untuk meningkatkan nilai CTR, berikut beberapa tips untuk meningkatkan nilai CTR google adsense:

1. Tata Letak Iklan Adsense
Posisi terbaik untuk adsense adalah meletakan iklan adsense pada titik-titik strategis dalam halaman blog atau situs kita, titik strategis adalah sebuah area dalam halaman blog yang memungkinkan mendapat banyak perhatian pengunjung, dengan meletakan iklan adsense pada lokasi tersebut disinyalir berpeuang untuk mendapatkan klik lebih banyak dari pengunjung, beberapa lokasi terbaik iklan adsense adalah sebagai berikut:

a. Diatas Postingan setelah judul, ini bisa menjadi titik awal pengunjung ketika membaca isi artikel postingan dan bisa menjadi lokasi strategis untuk google adsense.

b.Di sidebar, sidebar biasanya tempat memasang widget blog seperti popular post, arsip blog dan ini bisa dijadikan alternatif kedua oleh pengunjung untuk melihat artikel-artikel yang dianggap menarik oleh mereka, dan lokasi sidebar bisa menjadi lokasi strategis untuk meletakan iklan adsense.

c. Di bawah Setelah postingan, lokasi ini juga bagus untuk meletakan iklan adsense, pengunjung pada umumnya akan membaca artikel sampai pada batas artikel tersebut, ini harus kita manfaatkan untuk meletakan iklan adsense, di ujung berakhirnya artikel, sehingga iklan akan memiliki kesempatan diklik lebih baik.

2. Warna Iklan
Menggunakan warna yang tepat akan membantu membuat unit iklan AdSense Anda lebih terlihat oleh pengunjung situs Anda. Warna juga memainkan peran penting dalam apakah membuat pengunjung klik, atau menjauh dari iklan. pilihlah warna yang cocok dengan template blog namun sedikit dibuat mencolok agar iklan adsense lebih kelihatan dan bisa mendapatkan perhatian khusus dari pengunjung.

3. Format Ukuran Iklan
Pilihlah format iklan yang tepat, satu iklan dengan iklan yang lainnya memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari advertiser ketika mereka melakukan pendaftaran, biasanya antara iklan yang satu dengan iklan yang lain akan memiliki nilai klik (CPC) yang berbeda satu sama lain, sebagai publisher kita harus bisa memilih iklan yang memang banyak dimanati oleh pengiklan atau advertiser, ketika bentuk iklan banyak bersaing, maka nilai CPC untuk iklan tersebut akan meningkat dan pada umumnya yang akan banyak ditampilkan di halaman situs yang relevan adalah iklan yang memiliki nilai CPC yang tinggi, bebepa pilihan iklan yang cukup baik adalah iklan dengan ukuran 300 x yyy atau iklan dengan ukuran yyy x 600.

4. Pilihlah Iklan gambar dan text
Kita sebagai publisher diberi kebebasan untuk menentukan pilihan terhadap unit iklan yang kita pasang, kita bisa memilih gambar, text saja atau menggabungkan keduanya gambar dan text, sehingga iklan akan silih berganti menampilkan iklan bergambar dan iklant text saja, untuk mendapatkan nilai CTR yang lebih baik sebaiknya ketika kita memutuskan untuk memilih format iklan, pilihlah format iklan dengan gambar dan text sehingga iklan lebih bervariasi dan bisa meningkatkan klik dari pengunjung.

5. Jumlah Unit Iklan dalam 1 halaman
Adsense memberi batas pemasangan iklan untuk satu halaman adalah sampai 8 unit iklan, kita harus selectif dalam meutuskan untuk memasang iklan dengan jumlah tertentu, memasang iklan dengan jumlah maksimal bisa saja mendaptkan peluang banyak klik dari pengunjung, namun bisa saja iklan tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengunjung, dan harus diketahui semakin banyak iklan nilai untuk tiap klik iklan tersebut akan berkurang, oleh karena itu pilihlah jumlah yang tepat untuk iklanyang kita pasang dalam halaman. saya sendiri menyarankan sampai dengan 3 iklan saja dalam tiap halaman, 2 iklan dengan ukuran 300 x sekian, sedangkan yang lainnya kita pilih berukuran sekian x 600.

6. Gunakan AdSense untuk pencarian
Kebanyakan website di web saat ini menggunakan konsep Content Management System (CMS), termasuk blog atau wordpress, dan satu hal yang sama di antara mereka adalah bahwa mereka menyediakan fungsi pencarian untuk konten situs. Gantilah dengan AdSense untuk pencarian, dengan demikian melalui fasiltias tersebut kita bisa meningkatkan nilai CTR menjadi lebih baik, bahkan saya melihat beberapa situs terkenal dari luar negeri banyak menggunakan fasilitas adsense pencarian, trik yang mereka pakai adalah, mereka tidak menyajikan menu khusus untuk artikel mereka, ketika pengunjung mencari sesuatu terpaksa pengunjung harus memanfaatkan kotak pencarian yang sudah terpasang adsense, dengan demikian pelung mendapatkan penghasilan adsense akan semakin baik.

7. Eksperimen
Teruslah bereksperimen sehingga bisa menemukan solusi yang tepat untuk iklan adsense yang kita pasang, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengupayakan agar kita bisa mendapatkan nominal uang yang banyak dari google adsense, tentunya bukan dengan cara yang tidak diizinkan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Meningkatkan CTR Google Adsense di Blog Bahasa Indonesia. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda dan tentunyan nilai CTR Adsense meningkat sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Sumber: adsense-lab.blogspot.com

0 Response to "Cara Meningkatkan CTR Google Adsense di Blog Bahasa Indonesia"